2016-03-03

10 Makanan Cepat Saji Yang Sehat Untuk Ibu Hamil


Makanan instant yang lezat adalah hasil dari kemewahan dan kenyamanan dari kehidupan modern kita saat ini. Namun sangat disayangkan karena kebanyakan dari makanan ini dipenuhi dengan zat pengawet dan perasa yang harus anda hindari pada masa kehamilan.

Namun ada beberapa jenis makanan cepat saji yang sangat baik untuk anda, terlebih jika anda membutuhkan makanan ringan atau snack untuk mengisi perut anda sebelum jadwal makan anda berikutnya.

Nah, berikut ini 10 makanan lezat yang harus anda coba dan 5 yang harus anda hindari selama kehamilan. Makanan ini sangat mudah didapatkan dan disiapkan sendiri, atau di beli di supermarket terdekat.

Makanan Cepat Saji Yang Sehat Untuk Ibu Hamil
1. Buah
Ambil apel, pisang, pear, jeruk atau buah favorit anda yang lain. Anda bisa memakannya secara langsung atau memblendernya untuk dijadikan jus. Disamping sehat, buah kaya akan serat yang akan membantu anda menghindari sembelit atau susah BAB, serta memberikan nutrisi tambahan saat anda sedang mual dan tidak doyan makan.

2. Kismis
1 box atau 1 – 2 ons kismis akan memberikan anda tambahan serat, zat besi dan potasium sekaligus aman bagi gigi sensitif anda bila anda memilikinya.

3. Yogurt
1 bungkus yogurt setiap harinya akan memenuhi 25% jatah harian akan kebutuhan kalsium anda, berikut protein dan beberapa jenis vitamin dan mineral. Jika di box nya juga tertulis bahwa yogurt ini mengandung kultur bakteri yang menguntungkan, anda juga akan mendapatkan manfaat dari probiotik – bakteri yang menguntungkan, yang akan membantu sistem pencernaan anda sekaligus melindunginya dari bakteri merugikan.

4. Snack Buah Buatan Sendiri
Masukkan beberapa genggam gandung sereal kedalam snack buah atau kacang kacangan anda. Almond dan buah kenari juga bisa dijadikan cemilan sehat dikala hamil karena rasanya sangat enak. Sereal gandung, almond dan kenari bisa dibeli di supermarket dan bisa disiapkan di kulkas anda untuk suatu saat dibutuhkan.

5. Salad
Beberapa restoran cepat saji serta toko sayuran menyediakan counter salad dimana anda bisa mengambil dan memilih sendiri buah dan sayur yang akan anda makan. Ambil semua jenis buah dan sayur yang tersedia, terutama bayam, wortel, tomat, seledri, timun, kacang kacangan, buncis dan kacang merah untuk tambahan protein.

6. Wortel
Wortel sangat kaya akan vitamin A dan serat, yang dapat dengan mudah anda dapatkan dimana saja. Celupkan kedalam yogurt saat memakannya untuk mendapatkan variasi rasa serta mendapatkan extra dosis nutrisi, atau tuangkan saus salad untuk menambah rasa. Anda dapat pula mengambil brokoli, kembang kol atau kubis untuk membuat oseng oseng untuk makan malam.

7. Keju
Jika anda tidak pernah memakan keju sebelumnya, tunggu hingga bayi anda beranjak dewasa. Makanan ini akan menjadi makanan kecil favoritnya. keju mozzarela yang rendah lemah namun kaya akan kalsium, akan memberikan jumlah protein yang sama dengan protein dari satu gelas susu.

8. Jus Jeruk Diperkaya Kalsium dan Vitamin D
Hanya dengan setengah gelas jus jeruk ini akan menyediakan asupan vitamin C anda dan sekitar 15% kalsium yang anda butuhkan untuk hari ini. Ambil jus jeruk yang segar, atau anda bisa membuat sendiri didapur anda.

9. Sereal Gandum atau Oatmeal
Siapkan beberapa bungkus makanan ini di meja anda untuk snack instant di waktu senggang. Hampir semua sereal yang dipakai untuk sarapan, saat ini sudah diperkaya dengan vitamin dan mineral, termasuk diantaranya asam folat yang sangat baik untuk perkembangan bayi anda.

10. Keju Rendah Lemak atau Bebas Lemak
Keju adalah sumber protein dan kalsium yang baik. Anda bisa memakannya dengan roti, dicampur dengan susu atau minuman, atau untuk divariasi makanan lain yang biasa anda buat dengan keju.
Makanan Yang Harus Dihindari

1. Mie Ramen / Mie Instant
Baca label komposisinya. Makanan ini biasanya hanya mengandung garam, lemak, dan sedikit hal lain yang tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisi harian anda.

2. Soda
Jika anda mengkonsumsi soda yang mengandung banyak gula dan kalori, anda tidak akan memiliki cukup ruang untuk minuman bernutrisi yang anda butuhkan. Susu rendah lemak, air mineral atau jus adalah pilihan yang lebih baik dari pada minum minuman bersoda.

3. Makanan Yang Dibekukan
Sebenarnya ada beberapa pilihan makanan beku yang bisa dipilih, namun kebanyakan memiliki kandungan garam dan lemak yang tinggi. Mengukus/memanggang kentang dan menaburinya dengan keju jauh lebih baik untuk snack sehat. Jika anda tidak bisa menghindari makanan beku ini, cari merek ternama yang memiliki kandungan garam dan lemak lebih rendah.

4. Selada
Jika kita berbicara tentang selada, pilih yang hijau karena penuh dengan serat, vitamin A dan C, asam folat dan kalsium serta potasium. Selada yang lain, hanya memberikan secuil dari kandungan vitamin dan mineral diatas.

5. Burger
Burger kadang memang enak dan mengenyangkan. Namun burger sebenarnya tidak mengandung banyak vitamin dan mineral, dan justru akan memberikan efek malnutrisi jika dikonsumsi secara terus menerus. Makanan makanan diatas, adalah makanan makanan yang dapat membantu menyediakan nutrisi tambahan selagi anda hamil, dan juga makanan makanan yang dapat mengganggu asupan nutrisi anda dikala hamil.

Dengan mengetahui apa saja makanan yang baik dan makanan yang tidak baik, tentunya membuat anda dapat memilih sendiri, mana makanan yang sudah anda konsumsi selama ini, dan mana makanan yang seharusnya segera ditinggalkan.
Silakan mulai diterapkan mulai saat ini, agar asupan nutrisi untuk anda dan bayi anda, menjadi lebih terjamin.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+