2016-03-07

Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas Selama Kehamilan


Kehamilan terkadang akan diiringi dengan gangguan pada tidur anda, termasuk diantaranya mual, rasa panas dan sesak didada, kram di kaki serta mengorok. Jika anda juga telah memiliki beberapa kebiasaan buruk seperti ini bahkan sebelum hamil, maka bisa semakin buruk selama kehamilan.

Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik selama anda sedang hamil.

Kurangi / Hentikan Konsumsi Kafein
Mengurangi konsumsi makanan dan minuman seperti kopi, teh, soda dan coklat akan memberikan efek positif. Hindari makanan tersebut total di sore hari dan malam hari.

Kurangi Minum Di Sore Dan Malam Hari
Minum banyak air di pagi hari, dan sedikit di malam hari. Hal ini akan membantu mengurangi anda untuk bangun dan pergi ke toilet di tengah malam.
Hindari Makanan Berat dan Makanan Pedas Sebelum Tidur
Makan yang pedas seperti cabe dan makanan yang mengandung asam seperti tomat dapat menyebabkan sensasi rasa mulas pada pencernaan. Begitu pula bila anda memakan banyak makanan sebelum anda tidur.

Jika rasa mulas adalah masalahnya, makan makanan ringan dan makanlah makanan tersebut lebih awal. Beri waktu setidaknya 2 sampai 3 jam untuk mencerna makanan tersebut sebelum anda beranjak tidur.

Makan Cemilan Kecil Sebelum Tidur Untuk Menghindari Mual di Pagi Hari
Jika anda sering bermasalah dengan rasa mual, memakan cemilan kecil dapat menjaga perut tetap terisi. Cobalah ngemil makanan kecil yang sehat seperti cracker atau jus buah terutama sebelum waktu tidur.

Tidur Siang
Tidur siang selama 30 menit – 1 jam disiang hari dapat membuat anda lebih waspada, menajamkan memory, dan mengurangi rasa capek. Tetapi atur waktu tidur anda juga. Karena tidur terlalu sore atau terlalu lama, akan mengganggu tidur malam anda.

Jangan Bekerja Terlalu Lama
Gunakan waktu olah raga anda, setidaknya 4-5 jam sebelum malam agar tidak mengganggu tidur anda sehingga tubuh anda dapat beristirahat dengan baik. Berolah raga dengan waktu terlalu dekat dengan waktu tidur, dapat mengganggu atau bahkan merampas kenyenyakan tidur anda. Cobalah untuk menyelesaikan olah raga anda sebelum sore hari.

Berlatih Teknik Relaksasi
Pelajari tentang teknik tidur yang baik seperti teknik nafas, teknik relaksasi otot, dan teknik visualisasi.

Jangan Sampai Pekerjaan Anda Mengganggu Waktu Tidur Anda
Letakkan kertas dan pena didekat tempat tidur anda untuk menjaga apabila anda terjaga di malam hari karena teringat dengan pekerjaan anda yang tertunda atau pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan esok hari.

Jika anda terbangun di malam hari, segera pikirkan dan ingat apa saja yang harus anda kerjakan besok, dan TULIS segera. Setelah itu, usahakan untuk melupakan semua yang anda tulis agar anda dapat kembali tidur nyenyak dengan semua list pekerjaan anda telah tertulis dan terjadwal rapi.

Mengikuti Kelas Pengetahuan Kehamilan
Jika ini adalah kehamilan pertama anda dan anda merasa khawatir atau takut atau cemas menghadapi persalinan anda pertama kali, bagaimana cara merawat anak, dan lain lain, anda dapat mendaftarkan diri ke kelas pengetahuan kehamilan.

Dengan mengetahui apa saja yang akan anda hadapi, teknik yang bisa dipakai untuk menjalani dan lain lain, yang dijelaskan oleh ahlinya, anda dapat setidaknya merasa aman dan nyaman karena telah mengetahui apa saja yang akan anda alami dan rasakan nanti.

Tidur Sesuai Jadwal
Cobalah untuk tidur dan bangun secara teratur dengan jam tidur dan bangun yang telah terjadwal.

Terapkan Waktu Relaksasi Saat Tidur Dengan Teratur
Mulailah untuk mencoba melakukan ritual sebelum tidur yang dapat membantu menenangkan diri anda dan merelaksasikan tubuh anda. Bisa dengan membaca, mendengarkan music yang menenangkan, minum susu, atau mandi air hangat.
Anda akan merasa lebih hangat dari pada biasanya saat anda hamil, jadi buatlah kamar anda lebih sejuk.

Gunakan Tempat Tidur Hanya Untuk Tidur Dan HB
Jika anda dan suami memiliki kebiasaan menonton televisi di kamar tidur, maka hentikan segera. Gunakan tempat tidur anda Hanya untuk melakukan sesuatu yang menyamankan diri anda seperti tidur, HB atau berTidurlah Menghadap Kekiri

Latihlah diri anda untuk tidur dengan menghadap ke kiri. Posisi ini akan membantu darah dan nutrisi mengalir dengan lebih lancar ke bayi anda dan uterus, dan akan membantu tubuh anda kehilangan banyak cairan.
Biasakan tidur dengan posisi seperti ini sejak awal kehamilan anda, maka anda akan lebih terbisa dengan posisi ini setelah perut anda menjadi lebih membesar.

Jika Anda Tidak Bisa Tidur, Bangunlah dan keluar dari kamar.
Jika anda masih terbangun setelah 20 atau 30 menit, bangunlah dan pergilah kekamar yang lain. Dengarkan musik, baca majalag, atau lakukan relaksasi disana. Jika anda sudah mulai mengantuk, kembalilah ke kamar tidur.
Jika anda terbangun ditengah malam, jangan takut. Gangguan tidur selama kehamilan adalah hal yang sangat wajar.

Beberapa tips diatas adalah tips yang dapat membantu anda untuk mendapatkan tidur malam yang lebih berkualitas saat anda sedang hamil.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+