2016-03-01

10 Cara Menghindari Kenaikan Berat Badan Berlebih Selama Hamil


Adalah sebuah tantangan untuk bisa mengikuti jadwal makan dan menjaga makanan dan berat badan selama hamil, terlebih bila anda sudah terbiasa makan banyak sebelumnya. Ditambah apa kata orang bahwa selama kehamilan, anda harus makan untuk porsi 2 orang.

Namun dengan memiliki berat badan berlebih saat kehamilan, justru akan meningkatkan resiko mendapatkan komplikasi saat melahirkan, atau resiko lain seperti kelahiran prematur.

Dan bila anda memulai kehamilan anda dengan berat badan yang sudah berlebih, dengan menjaga berat badan anda di kisaran ideal kehamilan, dapat membantu anda untuk menurunkan resiko masalah kesehatan seperti diabetes dan preeklampsia.

Dibawah ini, adalah 10 tips sehat yang dikompilasi dari berbagai dokter dan ahli nutrisi, untuk menghindari berat berlebih saat anda sedang hamil.

1. Mulai Kehamilan Dengan Berat Badan Ideal
Hal yang terpenting yang harus anda lakukan sebelum anda memulai program kehamilan anda, adalah dengan memulai program hamil anda dengan berat badan yang sehat dan ideal.

Bila anda masih belum yakin dengan berat badan anda dan ingin melakukan program kehamilan, pastikan melakukan konsultasi program hamil terlebih dahulu.

Dokter atau bidan anda, akan membantu anda mengetahui berat massa tubuh atau body mass index ( BMI ), dan akan menyarankan cara menurunkan berat badan yang baik bila diperlukan.

2. Makan Teratur dan Lebih Sering
Fokus untuk makan dengan porsi kecil, namun lebih sering dengan porsi protein, buah dan sayur lebih banyak. Disamping akan menjaga metabolisme anda tetap aktif, anda tidak akan kegemukan dengan cara makan seperti ini, dibanding makan dengan porsi besar sekaligus, 3x sehari.
buah yang baik untuk menjaga pertambahan berat badan ibu hamil

3. Pilih Makanan Kecil Yang Sehat Diantara Jadwal Makan
Makan snack yang menyehatkan setiap 3 jam sekali akan membantu anda menghindari makan berlebih. Tidak hanya hal ini akan memberikan nutrisi yang baik untuk bayi anda, namun kadar gula darah anda akan tetap berada pada level yang aman sehingga anda tidak akan merasa lebih lapar saat makan malam.

Pilih makanan dan snack yang mengandung protein, serat dan lemak yang baik. Diantaranya apel, roti dengan selai kacang, sandwich dengan isi telur dan sayuran, pasta atau kacang kacangan. Juga buah dengan kandungan air yang tinggi seperti belimbing, jeruk, apel, pear dan semangka, yang juga akan membantu anda menjaga ritme BAB anda dengan teratur.

4. Minum Air Yang Banyak
Sangat penting untuk menghindari dehidrasi selama kehamilan. Dan meminum air yang cukup akan menambah manfaat serta membantu anda merasa lebih kenyang diantasa jadwal makan dan snack anda. Targetkan 8 gelas sehari konsumsi air minum. Anda bisa meminum 1 gelas air setiap 2 tau 3 jam sekali.
Meminum air, juga akan menghindarkan anda dari susah BAB, sebagai salah satu efek samping yang biasa dirasakan oleh ibu yang sedang hamil.

Karena sistem pencernaan anda akan melambat, pastikan anda mendapatkan setiap nutrisi yang terkandung didalam makanan anda. Dan mendapatkan cairan yang cukup, akan membantu anda pencernaan anda menyerap nutrisi lebih baik. Dan ingat, utamakan minum air putih, bukan yang lain.

5. Buat Rasa Ngidam Anda Membangun
Tidak ada yang meminta anda menghindari makanan favorit anda sepenuhnya. Ngidam adalah hal yang biasa dan bisa dituruti selama masih dalam koridor keamanan. Kuncinya adalah dengan memuaskan keinginan anda, namun sekaligus memberikan apa yang dibutuhkan oleh si ibu dan bayinya sekaligus.
Misalnya jika anda nyidam es krim, anda bisa menambahkan coklat atau susu ditambah irisan buah untuk membantu memenuhi nutrisi untuk si bayi, sekaligus memuaskan keinginan dan rasa nyidam si ibu untuk makan eskrim.

6. Manfaatkan Makanan Yang Mengandung Pati
Karbohidrat adalah teman baik ibu hamil, terlebih bila anda sering mengalami mual dan muntah selama kehamilan. Namun bukan makanan yang mengadung simple karbohdrat seperti roti yang justru akan menaikkan kadar gula darah anda. Silahkan baja juga tentang jenis cemilan sehat untuk ibu hamil di sini.

Pilihlah makanan yang kaya akan karbohidrat komplek seperti nasi merah, roti gandum dan pasta, tidak hanya akan memberikan nutrisi untuk bayi anda, namun akan membantu anda merasa kenyang lebih lama dan menghindarkan anda dari rasa ngidam yang tidak sehat di lain hari.

7. Mulailah Melakukan Jalan Sehat
Salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah berjalan. Untuk anda yang sedang hamil, melakukan jalan sehat selama 10 menit setiap hari selama kehamilan, akan membantu anda menghindari bayi sungsang, dan membantu melenturkan otot pinggul yang akan membantu saat melahirkan.
Hal ini bukan saja penting untuk menjaga berat badan, namun anda akan mendapatkan sakit lebih jarang selama kehamilan anda jika anda rajin melakukan hal ini.

8. Manjakan Diri Sesekali
Memanjakan diri selama kehamilan juga penting dilakukan, terlebih bila anda sudah berhasil melakukan hal diatas dengan baik setiap harinya.
Dengan memanjakan diri setiap hari dengan melakukan sesuatu yang diinginkan atau memakan makanan yang disukai, akan memberikan anda motivasi untuk terus melakukan hal tersebut karena mendapatkan reward.

Anda bisa memakan eskrim yang anda sukai setiap kali melakukan jalan sehat, atau pergi kesalon untuk merawat diri setelah berhasil melakukan hal diatas selama seminggu penuh.

9. Buat Berat Badan Sebagai Bahan Pembicaraan
Dengan memiliki obrolan tentang berat badan dengan teman atau dokter anda, akan membuat anda selalu teringat dan menjaga anda berada di jalur yang benar setiap harinya.

Kebanyakan ibu yang kelebihan berat badan, disebabkan karena mereka jarang atau tidak pernah peduli dengan isu berat badan ini, dan menganggapnya sebagai sesuatu yang wajar dan tidak masalah untuk gemuk disaat hamil.
Ketahui berat massa tubuh anda ke dokter untuk menentukan seberapa ideal berat anda selama kehamilan, dan jaga agar pada berat yang ideal seiring dengan umur kehamilan anda.

10. Menyusui
Mungkin hal ini tidak akan membantu anda selama kehamilan karena belum waktunya menyusui, namun perlu diketahui bahwa menyusui akan membantu anda mencapai berat badan ideal anda setelah melahirkan.

Secara alami, anda akan mengalami penurunan berat badan saat menyusui. Saat menyusui, anda akan membakar 500 kalori sehari, Juga perubahan tubuh yang anda dapatkan pada 6 minggu pertama pasca melahirkan, akan secara otomatis turun karena proses kelahiran termasuk diantaranya berat bayi, plasenta, dan air ketuban yang keluar dari tubuh anda.

Ini adalah saat yang tepat untuk memulai program pengembalian tubuh ideal anda setelah melahirkan.

Hal diatas adalah hal yang mudah dilakukan dan bisa anda lakukan mulai saat ini bila anda sedang hamil dan ingin menjaga berat badan ideal anda selama dan setelah melahirkan nanti.

Mungkin simpel, namun jika dilakukan setiap hari dengan sungguh sungguh selama masa kehamilan anda, niscaya anda akan merasakan sendiri hasilnya nanti.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+