2016-03-04

Tanda-Tanda Keguguran Hamil Muda 3 hingga 5 bulan


tanda keguguran 3 - 5 bulan
sumber gambar: _http://repository.unhas.ac.id

Tanda-Tanda Keguguran Hamil Muda 5 minggu. Segala informasi terkait kehamilan penting dibaca,  terutama bahasan tentang tanda-tanda keguguran pada  kehamilan 3 – 5 bulan (hamil muda). Pada masa ini resiko keguguran cukup tinggi antara 40 – 50 persen. Keguguran pada tiga bulan pertama (trismester awal) ini kerap terjadi karena si Ibu tidak menyadari kalau dia sedang hamil, sehingga kurang hati-hati dalam beraktifitas. Biasanya wanita dengan haid yang tidak normal (tidak teratur) sering mengalami keguguran pada hamil muda ini. Wajar saja toh.. wong mereka tidak tahu kalau sedang hamil.

Berikut tanda-tanda keguguran hamil muda:
  • Pendarahan berupa flek (beda dengan darah haid).
  • Ada beda flek pendarahan akibat keguguran dengan flek kehamilan. Kalau itu tanda keguguran, maka flek akan keluar setiap hari, jumlahnya juga lumayan banyak. Kalau flek kehamilan, jumlahnya sedikit dan adanya juga jarang-jarang. Namun kalo ragu silahkan konsul dengan dokter spesialis kandungan yang punya peralatan USG.
  • Terjadi Kram perut, ini sebenarnya bukan ciri utama tanda-tanda keguguran pada hamil muda. Kram adalah gejala wajar pada ibu hami, Tapi kram pada kasus keguguran datangnya mendadak dan rasanya lebih daripada biasanya.
  • Hilangnya ngidam secara tiba-tiba, atau tanda kehamilan lain seperti; biasanya akan mual bila mencium aroma gorengan, tapi kalau sudah akan keguguran biasanya rasa mual itu tidak ada lagi.
  • Keluarnya cairan mirip keputihan tapi warnanya lebih gelap kecoklatan, ini juga akhirnya akan diiringi pendarahan. Segera periksa ke dokter spesialis kandungan sangat disarankan yang ada peralatan USGnya.
  • Setelah adanya pendarahan, terjadi nyeri pada perut, selangkangan dan beberapa bagian tubuh lain.
  • Hilangnya pergerakan janin, dapat dirasakan pada kehamilan diatas 18 minggu.
  • Denyut jantung janin hilang, dalam hal ini bidan profesional juga bisa mengetahui dengan stetoskop.

Simpel bukan? Sesuai dengan janji saya diatas. Tulisan tidak akan bertele-tele. Intinya tanda-tanda keguguran, dalam penanganan kehamilan ini adalah Insting yang membentuk perasaan nyaman.
Jika Ibu merasakan sebuah perasaan tidak nyaman, langsung saja ke dokter kandungan. Perasaan nyaman harus tetap dimiliki ibu hamil demi keselamatan ibu dan anak.
Jangan takut ke dokter kandungan agar tahu lebih jelas tentang tanda-tanda keguguran, biayanya tidak mahal kok, kalau takut mahal pakai saja BPJS. Pelayanan untuk ibu hamil sangat diperhatikan oleh BPJS. Kalau belum terdaftar menjadi anggota, silahkan daftar secara online ataupun ofline sesuka hati.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+